Berita Tenaga Kerja

218 KK Eks TKI Malaysia ikut Program Transmigrasi Kawasan Perbatasan

Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Erman Suparno bertekad mengembangkan program transmigrasi di kawasan perbatasan dan pulau-pulau terluar di seluruh Indonesia.

Hal ini dilakukan untuk menegakkan kedaulatan bangsa dan negara dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) serta memberdayakan potensi sumber daya alam bagi kesejahteraan masyarakat transmigran dan masyarakat lokal di sekitar lokasi transmigrasi.

"Kawasan perbatasan dan pulau-pulau terluar yang dimiliki Indonesia harus tetap kita jaga kedaulatannya agar tidak diincar dan diklaim oleh negara lain. Oleh karena itu, saya akan menggalakkan program transmigrasi di wilayah-wilayah itu yang kebanyakan kondisinya tertinggal dan terbengkalai agar dapat dimanfaatkan secara optimal". kata Menakertrans.

Hal tersebut dikatakan Menakertrans saat meninjau lokasi transmigrasi Simanggaris, Kab. Nunukan, Kalimatan Timur yang berbatasan langsung dengan Malaysia pada Rabu (25/2). Menakertrans mengatakan salah satu langkah nyata yang telah dilakukannya adalah menempatkan eks TKI Malaysia untuk ikut program transmigrasi di kawasan perbatasan tersebut.

Sampai saat ini, lokasi transmigrasi Simanggaris dihuni sekitar 620 KK. Dari jumlah itu 218 KK merupakan eks TKI asal Tawau, Malaysia. Kini para transmigran yang kebanyakan berasal dari NTT dan NTB ini bekerja di perkebunan sawit di lokasi transmigrasi.

"Para eks TKI yang pernah bekerja di Malaysia sangat antusias menyambut program transmigrasi ini. Bahkan mereka meminta saya selaku Menakertrans memperjuangkan agar lahan di kawasan transmigrasi dapat diperluas dan dikembangkan," kata Menakertrans. Dengan adanya program transmigrasi di kawasan perbatasan ini, tambah Menakertrans diharapkan bisa menjadi salah satu solusi untuk menampung TKI asal Malaysia yang terkena PHK akibat krisis ekonomi global.

Dengan mengikuti pelatihan yang diselenggarakan Depnakertrans, para eks TKI itu bisa dilatih untuk menambah keahlian ataupun alih profesi, sehingga mereka tidak perlu pulang ke kampung halamannya, ”kata Menakertrans.

Dalam kunjungannya kerjanya ke lokasi transmigrasi Simanggaris, Menakertrans mengadakan dialog langsung dengan transmigran dan meninjau sekolah bagi anak-anak transmigran. Selain itu, Menakertrans berkesempatan meninjau pabrik sawit yang digunakan untuk menampung hasil kebun para transmigran.

Sumber : Pusat Humas Depnakertrans.

LOWONGAN KERJA TERBARU TAHUN 2009 | PENGUMUMAN CPNS TERBARU TAHUN 2009



0 komentar: